#Pengertian
Perusahaan
Perusahaan adalah tempat
terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor
produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada
pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai
badan usaha
untuk perusahaannya.
#Lingkungan Bisnis
Segala
sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau
perusahaan.
#Tujuan
Pendirian Usaha
Tujuan pendirian usaha sendiri dibagi menjadi
2, yaitu:
a. Tujuan social
Tujuan sosial sangatlah penting,
karena tujuan ini akan memberikan gambaran jika dalam membangun perusahaan itu membutuhkan
seorang konsumen, interaksi yang nyata dengan para pelanggan. Tujuan sosial
lebih mengarah ke tujuan sebuah perusahaan dalam menyediakan barang dan jasa
untuk kebutuhan para konsumennya, memusatkan apa yang dibutuhkan.
b. Tujuan ekonomis
Tujuan
ekonomis yaitu tujuan utama berdirinya sebuah lembaga perusahaan, tujaun utama
sebuah perusahaan berdiri adalah tentu mecari keuntungan, profit atau laba.
Tujuan ekonomis memiliki tanggung jawab besar seperti tanggung jawab dalam
mempertahankan eksistensi usaha, kuntitas barang, kualitas barang dan
kesejahteraan para pegawainya. Tujuan ekonomis merupakan salah satu tujuan
akhir yang banyak menjadi problema pada sebuah perusahaan. Banyak sekali kasus
yang terjadi di lapangan yang berkaitan dengan tujuan ekonomis.
#Faktor-faktor yang
mempengaruhi dalam lingkungan bisnis
1. Faktor Internal: Sumber
daya manusia dan fisik yang mempengaruhi kinerja bisnis secara langsung.
Lingkungan
ini terdiri atas berikut ini:
a. Karyawan (tenaga kerja)
b. Manajemen
c. Modal (uang)
a. Karyawan (tenaga kerja)
b. Manajemen
c. Modal (uang)
d.
Peralatan (kandang, tempat makan ayam dll)
e. Cara pemasaran (Mulut ke mulut, brosur dll)
e. Cara pemasaran (Mulut ke mulut, brosur dll)
2. Faktor Eksternal: Institusi
atau kekuatan luar yang potensial mempengaruhi kinerja organisasi.
a. Lingkungan
Mikro:
lingkungan
perusahaan
yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi
kemampuan manajemen
pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan
pelanggan sasaran.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi:
·
Perusahaan: Dalam merancang rencana pemasaran, manajemen pemasaran memperhitungkan kelompok
dalam perusahan seperti manajemen puncak, keuangan, riset dan pengembangan,
pembelian, operasi, akuntasi.
·
Pemasok: Pemasok
menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan
barang dan jasanya. Masalah pemasok sangat mempengaruhi pemasaran karena
apabila pemasok masalah akan mengurangi penjualan perusahaan dan mengurangi
nilai kepuasan pelanggan.
·
Perantara Pemasaran:
Perantara
pemasaran membantu perusahaan mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan
produknya ke pembeli akhir. Perantara pemasaran meliputi penjual perantara,
perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan.
·
Pelanggan
·
Pesaing: Konsep
pemasaran yang berhasil apabila perusahaan dapat menyediakan nilai dan kepuasan
pelanggan yang lebih besar daripada pesaing. Oleh karena itu, perusahaan harus
menyesuaikan pemasaran dengan kebutuhan konsumen sasaran. Perusahaan juga harus
memiliki strategi penawaran yang lebih kuat dari penawaran pesaing dalam
pikiran konsumen.
·
Masyarakat: Masyarakat
adalah kelompok yang mempunyai potensi kepentingan atau kepentingan nyata, atau
pengaruh pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya.
b. Lingkungan
Makro: adalah kekuatan-kekuatan yang timbul
dan berada diluar jangkauan serta biasanya terlepas dari situasi operasional
perusahaan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi:
·
Lingkungan Sosial
·
Lingkungan Ekologi
·
Lingkungan Ekonomi
·
Lingkungan Politik
·
Lingkungan Hukum
Peluang
|
3
|
4
|
Ancaman
|
1
|
2
|
|
Kekurangan
|
Kelebihan
|
|
Ancaman
|
Analisa
|
|
Ancaman
|
Analisa
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Karyawan
Manejemen
Modal
Peralatan
Cara
Pemasaran
|
0.2
0.2
0.1
0.3
0.2
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Perusahaan
Pemasok
Perantara
pemasaran
Pelanggan
Pesaing
Masyarakat
|
0.1
0.2
0.1
0.2
0.3
0.1
|
|
|
1
|
|
|
1
|
·
Lingkungan
Sosial
Sosial
adalah kebiasaan dan nilai-nilai sosial lingkungan masyarakat, khususnya
langganan dan karyawan.
·
Lingkungan
Ekologi
·
Lingkungan
Ekonomi
Kondisi
ekonomi memiliki dampak yang kuat terhadap kinerja bisnis. Ketika perekonomian
kuat, tingkat lapangan kerja tinggi, dan kompensansi yang dibayarkan juga
tinggi maka kinerja bisnis akan berjalan dengan baik. Ketika perekonomian
lemah, perusahaan cenderung memberhentikan sebagian karyawannya dan tidak mampu
membayarkan upah yang tinggi. Selain itu, siklus ekonomi, gejala inflasi dan
deflasi, kebijaksanaaan moneter, neraca pembayaran juga dapat mempengaruhi
bisnis.
·
Lingkungan
Politik
Perbedaan
ideologi dan perbedaan politik dapat mempengaruhi suatu bisnis.
Contoh: Tidak ada hubungannnya dengan politik
Contoh: Tidak ada hubungannnya dengan politik
Ciri-ciri perusahaan mencerminkan
kekhasan yang membuat perusahaan yang bersangkutan mudah dikenali. Ciri-ciri perusahaan
berkenaan dengan variabel-variabel berikut :
- Operatif: Dalam hal ini, pada suatu perusahaan dapat dilihat adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan produksi, penyediaan, maupun pendistribusian.
- Koordinatif: Untuk mencapai tujuan perusahaan, perlu adanya koordinasi agar semua bagian dalam perusahaan dapat bergerak ke arah yang sama dan mendukung satu dengan yang lainnya.
- Reguler: Dalam upaya mencapai kesinambungan perusahaan, diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas perusahaan agar selalu dapat bergerak maju.
- Dinamis: lingkungan selalu berubah, maka perusahaan juga harus dapat menyesuaikan perubahan-perubahan tersebut.
- Formal: Untuk memenuhi keadaan ini, maka perusahaan selaku pelaku kegiatan ekonomi harus merupakan lembaga resmi yang telah terdaftar di pemerintah dan mematuhi segala peraturan yang diberlakukan ketika sudah terdaftar sebagai lembaga resmi.
- Lokasi: Dalam hal ini perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam kawasan dalam geografis yang jelas.
- Pelayanan bersyarat: Dalam menghasilkan barang dan jasa, perusahaan terikat dengan tujuannya. Dalam hal ini, perusahaan menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang bersedia serta mampu membelinya, sehingga perusahaan bisa mendapatkan laba, agar perusahaan tetap bertahan dan berkembang.
0 komentar:
Posting Komentar